Laporan Praktikum Mikrobiologi Pengenalan Alat-alat Kerja Laboratorium

LAPORAN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI

ACARA 1

PENGENALAN ALAT-ALAT KERJA LABORATORIUM

LogoUnib.png
 












Disusun Oleh :

Nama                           : Putri Mian Hairani
NPM                            : E1J012014
Judul Acara                  : Pengenalan Alat Kerja Lab
Hari & tgl Praktikum   : Selasa, 19 Maret 2013 (14.00-16.00 WIB)
Dosen P.                      : Dr. Ir. Hendri Bustamam M.sc
Co-ass                          : Agung Matsetio


Laboratorium Ilmu Hama PenyakitTanaman
FakultasPertanian
Universitas Bengkulu
2013

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LatarBelakang
            Pekerjaan mikrobiologi banyak menggunakan alat-alat gelas, terutama cawan petri, tabung reaksi, gelas obyek, gelas penutup, gelas piala, gelas erlenmeyer, dan lain-lain. Kebersihan alat-alat gelas tersebut sangat menentukan keberhasilan kegiatan yang kita lakukan, baik untuk menghindari kontaminasi maupun untuk kejelasan dan ketepatan pengamatan. Dalam hal ini kebersihan dapat diartikan sebagai jernih, kering, serta bebas debu dan lemak. 
            Pembersihan alat gelas dilakukan sebelum dan sesudah kegiatan praktek, sesuai dengan keadaan, apakah sudah bersih atau belum. Alat-alat gelas yang digunakan harus selalu dikembalikan dalam keadaan bersih. Untuk memudahkan pembersihan, alat gelas sebaiknya dikelompokkan menurut jenis dan ukurannya. Sebelum dibersihkan, alat gelas juga harus dibersihkan dulu dari segala bentuk kotoran, seperti : medium kultur (media biakan), selotip, marker, dan lain-lain. Marker permanen dapat dihilangkan dengan menyapukan kapas yang telah dibasahi aseton pada bagian yang dibersihkan.           
            Alat-alat gelas yang berisi medium kultur, isinya dibuang ke dalam tempat sampah, kemudian direbus sampai mendidih selama 30 menit untuk membunuh sisa-sisa mikroba, kemudian baru dicuci dengan air sabun dan dibilas dengan air bersih. Alat gelas yang sudah dicuci menggunakan sabun sebaiknya direndam lagi di dalam larutan Na3PO4 1% selama 15 menit, kemudian dibilas dengan air bersih lalu direndam lagi dalam larutan HCl 1% selama 24 jam, yang akhirnya dibilas dengan aquades dan ditiriskan pada rak.
            Selain alat-alat yang terbuat dari gelas seperti yang tersebut di atas, dalam pekerjaan mikrobiologi membutuhkan banyak sekali peralatan mekanik dan peralatan optik yang tidak kalah penting dengan peralatan gelas. Peralatan mekanik ini misalnya: otoklaf, sentrifuge, penghitung koloni, inkubator, oven, timbangan analitik, kotak isolasi, dan mikroskop.
1.2    TUJUAN PRAKTIKUM

Ø  Membedakan nama-nama peralatan gelas yang sering digunakan dalam kerja laboratorium
Ø  Mampu menggunakan dan memelihara peralatan sesuai denga prosedur


BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

            Didalam pekerjaan mikrobiologi seringkali kita tidak terlepas dari alat-alatyang berada di laboratorium. Peralatan yang digunakan pada laboratoriummikrobiologi hampir sama dengan peralatan-peralatan yang umumnya digunakandi laboratorium kimia, yaitu berupa alat-alat gelas antara lain : tabung reaksi,cawan petri, pipet ukur, dan pipet volumetrik, labu ukur, labu erlenmeyer, gelaspiala, pH meter, gelas arloji, termometer, botol tetes, pembakar spirtus, kaki tigadengan kawat asbes, dan rak tabung reaksi.Di samping peralatan gelas tersebut, pada laboratorium mikrobiologi masihada sejumlah alat yang khusus antara lain : autoklaf, oven, mikroskop, jarum ose(inokulum), jarum preparat, gelas objek, kaca penutup, keranjang kawat untuk sterilisasi, inkubator untuk membiakan mikroorganisme dengan suhu tertentu yangkostan, spektrofotometer untuk mengukur kepekatan suspensi atau larutan,penangas air untuk mencairkan medium, magnetik stirrer untuk mengaduk, dantabung durham untuk penelitian fermentasi.(Anonym, 2012).         
           
Dalam sebuah praktikum, praktikan diwajibkan mengenal dan memahami carakerja dan fungsi dari alat-alat yang ada di laboratorium. Selain untuk menghindarikecelakaan dan bahaya, dengan memahami cara kerja dan fungsi dari masing-masing alat, praktikan dapat melaksanakan praktikum dengan sempurna.(Walton.1998). 
            Pengenalan alat-alat ini meliputi macam-macam alat, mengetahui nama-namanya, memahami bentuk, fungsi, serta cara kerja alat-alat tersebut. Setiap alatdirancang atau dibuat dengan bahan-bahan yang berbeda satu sama lain danmempunyai fungsi yang sangat spesifik. Kebanyakan peralatan untuk percobaan-percobaan didalam laboratorium terbuat dari gelas. Meskipun peralatan-peralatantersebut telah siap dipakai, tetapi di dalam pemasangan alat untuk suatu percobaankadang kala diperlukan sambungan-sambungan dengan gelas atau membuatperalatan khusus sesuai dengan kebutuhan. (Imamkhasani, 2000).      
           
Di dalam pekerjaan mikrobiologi dibutuhkan alat yang khusus untuk melihatmikroorganisme. Salah satu alat yang sering digunakan adalah mikroskop.Mikroskop merupakan alat bantu yang memungkinkan kita dapat mengamati objek yang berukuran kecil. (Anonym, 2012)Autoklaf adalah alat untuk mensterilkan berbagai macam alat dan bahan yangakan digunakan dalam mikrobiologi menggunakan uap air panas bertekanan.Tekanan yang digunakan umumnya 15 Psi atau sekitar 2 atm. Lama sterilisasiyang dilakukan biasanya 15 menit untuk 121°C. (Anonym, 2012).        
            Inkubator adalah alat untuk menginkubasi atau memeram mikroba pada suhuyang terkontrol. Alat ini dilengkapi dengan pengatur suhu dan pengatur waktu.Colony counter berguna untuk mempermudah perhitungan koloni yang tumbuhsetelah diinkubasi di dalam cawan, karena adanya kaca pembesar. Selain itu alatini juga dilengkapi dengan skala atau kuadran yang sangat berguna untuk pengamatan pertumbuhan koloni yang sangat banyak. Jumlah koloni pada cawanpetri dapat ditandai dan dihitung otomatis yang dapat direset.Mikropiper adalah alat untuk memindahkan cairan yang bervolume cukup kecil, biasanya kurang dari 1000 μl. Banyak pilihan kapasitas dalam mikropipet, misalnya mikropipet yang dapat diatur volume pengambilannya (adjustablevolume pippete) antara 1 μl sampai 20 μl, atau mikropipet yang tidak bisa diatur volumenya, hanya tersedia satu pilihan volume ( fixed volume pippete) misalnyamikropipet 5 μl. Dalam penggunaannya mikropipet memerlukan tip. Cawan petri berfungsi untuk membiakan (kultivasi) mikroorganisme. Mediumdapat dituang ke cawan bagian bawah dan bagian atasnya digunakan sebagaipenutup. Cawan perti tersedia dalam berbagai macam ukuran,diameter cawan yang biasa berdiameter 15 cm, dapat menampung media sebanyak 15-20ml, sedangcawan yang berdiameter 9 cm, kira-kira cikup diisi media sebanyak 10 ml.Pipet ukur meruapakan alat yang digunakan untuk memindahkan larutandengan volume yang diketahui. Tersedia berbagai macam ukuran kapasitas pipetukur, diantaranya pipet berukuran 1 ml, 5 ml, dan 10 ml. Cara penggunaannyaadalah cairan disedot dengan bantuan filler sampai pada volume yang diinginkan.Kebersihan alat-alat yang digunakan dan adanya ketelitian praktikan dalammelakukan pengukuran dan perhitungan yang dilakukan. Penggunaan alat-alatdalam laboratorium diharapkan dalam keadaan steril. Penggunaan alat-alat yangtidak steril dapat menyebabkan kegagalan pda praktikum yang dilakukan.(Sudarmadji, 2005).










BAB III
BAHAN DAN METODE PRAKTIKUM
3.1  Bahan dan Alat
       Bahan :      100 g detergen, 1 L HCl 1%, 1 L Na3PO4 1%, air bersih 10 l,
                         200 mL alcohol 70%.
      Alat    :

1.      Tabung reaksi
2.      Cawan petri
3.      Gelas piala
4.      Erlenmeyer
5.      Botol ukur alas datar
6.      Gelas ukur
7.      Pipet tetes
8.      Pipet ukur
9.      Pipet mikro
10.  Gelas objek
11.  Gelas penutup
12.  Haemocytometer
13.  Mikrometer
14.  Batang pengaduk
15.  Corong
16.  Gelas ekstraktor
17.  Desikator
18.  Otoklaf
19.  Oven
20.  Timbangan analitik
21.   Laminar flow
22.  Coloni counter
23.  Sentrifus
24.  Mikroskop


3.2  Prosedur Kerja
a.       Gambar skematis peralatan gelas yang tersedia kemudian beri keterangan tentang bagian-bagiannya, kegunaan alat gelas yang bersangkutan, dan bagaimana cara merawatnya.
b.      Alat gelas yang berisi medium kultur,isinya dibuang ke dalam tempat sampah, kemudian direbus sampai mendidih selama 30 menit untuk membunuh sisa mikroba.
c.       Setelah dingin, alat gelas dicuci dengan air sabun pada permukaan dalam dan luarnya.
d.      Membilas dengan air bersih dan mengalir.
e.       Alat gelas yang sudah dicuci menggunakan air sabun direndam di dalam larutan Na3PO4 1% selama 15 menit, kemudian dibilas dengan air bersih lalu direndam lagi dalam larutan HCl 1% selama 24 jam.
f.       Setelah 24 jam, gelas-gelas dicuci dengan air bersih, kemudian dibilas dengan aquades dan ditiriskan pada rak.
g.      Semua alat yang terbuat dari gelas dapat disterilkan menggunakan otoklaf pada suhu 121ºC dan tekanan atm selama 15-30 menit.
    
      Pada Alat Mekanik
    1.    Alat : Otoklaf, sentrifuge, penghitung koloni, incubator, oven, timbangan analitik,
                      
kotak  isolasi (laminar air flow).          
     2.    Prosedur Kerja
a.    Membuat gambar skematis alat-alat yang ada.
b.    Perhatikan setiap bagian alat dan kegunaannya dalam pengoperasian.
c.    Mencoba mengoperasikan peralatan sesuai dengan intruksi pembibimbing.
d.    Mencatat cara-cara pemeliharaan alat-alat yang bersangkutan.

BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
4.1 Hasil pengamatan
Tabel pengamatan.
no
Nama alat
Gambar alat
Kegunaan
1
Mikroskop cahaya
Untuk melihat benda-bendayang sangat kecil sepertimikroorganisme, sel, danbenda-benda lain yangbersifat mikroskopis.Bayangan benda padamikroskop ini bersifat 2dimensi.
2
Mikroskop stereo
Untuk melihat objek yangmembutuhkan pembesarantidak terlalu besar.Bayangan benda yangdiamati dengan mikroskopini terlihat 3 dimensi.
3
Autpklaf elektrik
Untuk mensterilkanberbagai macam alat danbahan yang digunakandalam mikrobiologimenggunakan uap air panasbertekanan.
4
Inkubator
Untuk menginkubasi ataumemeram mikroba padasuhu yang terkontrol

5
Stirrer / Hotplate
Untuk menghomogenkansuatu larutan denganpengadukan
6
Colony counter
Untuk mempermudahperhitungan koloni yangtumbuh setelah diinkubasi didalam cawan karena adanyakaca pembesar.
7
Biological safetycabinet (BSC)
Untuk bekerja secara aseptispada suatu ruangan.
8
Mikropipet
Untuk memindahkan cairanyang bervolume cukupkecil.
9
Cawan petri
Untuk membiakan(kultivasi) mikroorganismepada medium yangdituangkan diatas cawan ini.

10
Pipet ukur
Untuk memindahkan ataumengambil larutan denganvolume yang diketahui.
11
Pipet tetes
Untuk memindahkan ataumengambil larutan denganvolume yang tidak diketahui.
12
Tabung reaksi
Untuk uji-uji biokimiawidan untuk menumbuhkanmikroba.
13
Labu erlenmeyer
Untuk menampung larutan,bahan atau cairan. Labu ini juga dapat digunakan untuk meracik danmenghomogenkan bahan-bahan, komposisi media,menampung aquadest,kultivasi mikroba dalamkultur cair dan lain-lain.
14
Mortar & Pestle
Untuk menumbuk ataumenghancurkan matericuplikan, misalnya daging,roti atau tanah sebelumdiproses lanjut.

15
Bunchen Burner(pembakarspirtus)
Untuk menciptakan kondisiyang steril denganmembakar kontaminan yangberada pada udara.
16
Gelas ukur
Untuk mengukur volumesuatu cairan, hamipir samadengan labu erlenmeyermemiliki skala volume.
17
Batang L
Untuk menyebarkan cairandipermukaan agar supayabakteri yang tersuspensidalam cairan tersebutmerata.
18
Jarum inokulum(ose)
Untuk memindahkan biakanuntuk ditanam/ ditumbuhkanke media baru.
19
Pinset
Untuk mengambil bendadengan menjepit. Misalnyamemindahkan cakramantibiotik.

20
Rubber Bulb(filler
Untuk menyedot larutanyang dapat dipasangkanpada pangkal pipet ukur.
21
pH meteruniversal
Untuk mengukur/ mengetahui pH suatularutan.
22
Beaker Glass
Untuk preparasi media-media, menampungaquadest dan lain-lain.

4.2. Pembahasan
Dari hasil pengamatan alat-alat tersebut memiliki fungsi dan penggunaan yang berbeda, meskipun ada juga fungsidan penggunaannya hampir sama.Alat-alat ini juga terdiri dari sterilisasi, yaitu alat yang digunakan untuk sterilisasi. Sterilisasi adalah usaha untuk membebaskan alat-alat maupun bahan-bahan dari semua kehidupan. Alat isolasi adalah alat yang digunakan untuk mengisolasi mikroorganisme dan alat inokulasi mikroba. Berikut pembahasan lebih lanjut mengenai alat-alat yang ada di laboratorium.

1)   Mikroskop Cahaya.
1.      Prinsip kerja dari mikroskop ini adalah dengan memantulkan cahayamelalui cermin, lalu diteruskan hingga lensa objektif. Di lensa objektif bayangan yang dihasilkan adalah maya, terbalik, dan diperbesar. Kemudian bayangan akan diteruskan dan menghasilkan bayangan yang tegak, nyata dandiperbesar oleh mata pengamat. Semakin banyak cahaya yang dipantulkanmelalui cermin, maka akan semakin terang juga mikroorganisme yang dilihat.Mikroskop memiliki pembesaran objektif (4x, 10x, 40x, dan 100x) sertapembesaran okuler (10x).
2.      Mikroskop berfungsi sebagai alat bantu untuk melihat mikroorganismeyang tak dapat terlihat oleh mata telanjang.
3.      Bagian-bagian mikroskop dan fungsinya masing-masing bagian-bagian mikroskop:
1.      Lensa okuler : untuk memperbesar bayangan yang dibentuk.
2.      Revolver (pemutar lensa objektif) : untuk memutar lensa objektif sehingga mengubah pembesaran.
3.      Tabung pengamatan (tabung okuler) : untuk mengamati bayangan.
4.      Meja objek : tempat meletakan benda / spesimen.
5.      Kondensor : untuk mengumpulkan cahaya supaya tertuju ke lensa objektif.
6.       Lensa objektif : memperbesar bayangan specimen.
7.      Pengatur kekuatan lampu : untuk memperbesar dan memperkecil itensitascahaya lampu.
8.      Tombol on-off : menghidupkan dan mematikan lampu.
9.      Cincin pengatur diopter : untuk menyamakan fokus antara mata kanan dan kiri(pada mikroskop binokuler).
10.   Pengatur jarak interpupillar : untuk mengatur kejelasan bayangan pada lensaokuler.
11.  Penjepis spesimen : untuk menjepit spesimen yang diamati agar tidak bergeser.
12.  Sumber cahaya : untuk sumber cahaya yang dipantulkan oleh cermin. (pada mikroskop cahaya biasa).
13.  Sekrup pengatur vertikal : untuk menaikan atau menurunkan kaca objek.
14.  Sekrup pengatur horizontal : untuk menggeser ke kanan / ke kiri kaca objek.
15.  Sekrup fokus kasar (makrometer) : menaikan dan menurunkan meja preparat secara kasar dan cepat.
16.  Sekrup fokus halus (mikrometer) : menaik turunkan meja objek secara halusdan lembut.
17.  Sekrup pengencang tabung okuler.
18.  Sekrup untuk mengatur konsensor : untuk menaik-turunkan konsensor.

4.      Cara Kerja (Prosedur Operasi)
1.      Menyalakan Lampua.
2.      Tekan tombol on pada tombol on-off .
3.      Atur kekuatan cahaya lampu dengan memutar bagian pengatur itensitasketerangan cahaya.
4.      Menempatkan spesimen pada meja bendaa.
5.      Letakan objek glass diatas meja benda kemudian jepit dengan penjepitspesimen. Jika meja benda belum turun maka turunkan dengan sekrupkasar (Makrometer).
6.      Cari bagian objek glass yang terdapat preparat ulas (dicari dandiperkirakan memiliki gambar yang jelas) dengan memutar sekrupvertikal dan horozontal (penggeser).
7.      Putar revolver pada pembesaran objektif yang diperlukan, misalnya 40xlalu putar sekrup kasar (Makrometer) sehingga meja benda bergerak keatas untuk mencari fokus.
8.      Setelah terlihat bayangan benda lalu fokuskan dengan menggunakansekrup halus (Mikrometer) untuk mendapatkan bayangan yang lebihbersih dan jelas.

2)   Mikroskop Stereoa.
a.       Fungsi dan keteranganMikroskop stereo berfungsi untuk melihat objek yang membutuhkanpembesaran tidak terlalu besar. Di Laborarotium Mikrobiologi, mikroskop inibiasanya digunakan untuk mengamati secara detail bentuk koloni dan jamur.
b.      Bagian-bagian mikroskop stereo (misalZoom Stereo Microscope,OlimpusSZ3060) yaitu
1.      Lensa okuler
2.      Cincin pengatur diopter
3.      Sekrup pengatur pembesaran
4.      Sekrup pengatur focus
5.      Pelat tempat spesimen diletakan
6.      Penjepit preparat
7.      Prosedur Operasi
c.       Cara Kerja
1.      Letakan spesimen di plat preparat, jepit jika perlu.
2.      Atur pembesaran pada pembesaran terkecil dengan memutar sekruppengatur pembesaran kemudian dicari fokusnya dengan memutar sekruppengatur fokus.
3.      Jika ingin mendapatkan bayangan yang lebih besar, putar sekrup pengaturpembesaran ke pembesaran yang lebih tinggi kemudian dicari fokusnya.



3)   Autoklaf 
a.       Prinsip kerja alat ini yaitu dengan menggunakan uap air panasbertekanan untuk membunuh dan menghilangkan kotoran dan mikroba yangterdapat pada alat atau bahan yang akan digunakan dalam praktikum ataupercobaan.
b.      Fungsimensterilkan alat atau bahan yang akan digunakan pada percobaan atauprkatikum Mikrobiologi untuk menghindari kontaminasi.
c.       Bagian-bagian autoklaf .
1.      Tombol pengatur waktu mundur (timer )
2.      Katup pengeluaran uap
3.      Pengukur tekanan
4.      Klep pengaman
5.      Tombolon-off 
6.      Termometer
7.      Lempeng sumber panas
8.      Aquadest
9.      Sekrup pengaman
10.  Batas penambahan air
d.             Cara penggunaan :
1.              Sebelum melakukan sterilisasi cek dahulu banyaknya air dalam autoklaf.Jika air kurang dari batas yang ditentukan, maka dapat ditambahkan airsampai batas tersebut. Gunakan air hasil destilasi (airpenyulingan/aquadest), untuk menghindari terbentuknya kerak dan karat.
2.              Masukkan peralatan dan bahan yang akan di sterilkan. Jika mensterilkanbotol bertutup ulir, maka tutup harus dikendorkan.
3.              Tutup autoklaf dengan rapat lalu kencangkan baut pengaman agar tidak adauap yang keluar dari bibir autoklaf. Klep pengaman jangan dikencangkanterlebih dahulu.
4.              Nyalakan autoklaf, diaturtimer dengan waktu minimal 15 menit pada suhu121°C.
5.              Tunggu sampai air mendidih sehingga uapnya memenuhi kompartemenautoklaf dan terdesak keluar dari klep pengaman. Kemudian klap pengamanditutup (dikencangkan) dan tunggu sampai selesai. Penghitungan waktu 15menit dimulai sejak tekanan mencapai 2 atm.
6.              Jika alarm tanda selesasi berbunyi, maka tunggu tekanan dalamkompartemen turun hingga sama dengan tekanan udara lingkungan (jarum pada presure gauge menunjuk ke angka nol). Kemudian klep-kleppengaman dibuka dan keluarkan isi autoklaf dengan hati-hati.

4)        Inkubator
a.               Prinsi kerja alat ini yaitu dengan memasukan atau menyimpan biakanmurni mikroorganisme, kemudian mengatur suhunya, biasanya hanya dapatdiatur siatas suhu tertentu.
b.              Fungsi inkubator adalah untuk menginkubasi atau memeram mikrobapada suhu tertentu yang terkontrol.

5)        Stirrer
a.               Prinsip kerjanya menyimpan beaker glass atau labu erlenmeyer yang berisi cairan ataularutan yang akan dihomogenkan diatas plat alat ini. Didalam alat ini jugaterdapat plat yang dapat dipanaskan sehingga mempercepat proseshomogenisasi. Pengadukan dengan bantuan batang magnet, Hot platedanmagnetic stirrer seri SBS-100 dari SBS® misalnya.
b.              Fungsi dari alat ini adalah untuk menghomogenkan larutan atau cairandengan pengadukan.

6)        Colony Counter 
a.               Prinsipkerja alat ini yaitu setelah di on kan, kita menyimpan cawanpetri berisikan bakteri atau jamur dalam kamar hitung, kemudian mengaturalat penghitung pada posisi (000) dan mulailah menghitung denganmenggunakan jarum penunjuk sambil melihat jumlah pada layar hitung.
b.              Fungsi dari alat ini adalah untuk menghitung jumlah koloni dari bakteri.

7)        Biological Safety Cabinet (BSC) / Laminar Air Flow(LAF)
a.               Prinsip KerjaPrinsip kerja dari alat ini yaitu membunuh dan menghilangkan bakteriyang terbawa atau terapung diudara pada suatu ruangan untuk menciptakansuasana ruangan yang steril.
b.              FungsiAlat ini berfungsi untuk mensterilkan suatu ruangan yang akandigunakan untuk percobaan Mikrobiologi agar tidak ada kontaminasi bakteriyang terdapat diudara.
c.               Cara OperasiCara pengoperasian alat ini, misalnya pada alat PurifierTMBiologicalSafety
d.             Cabinet dari LABCONCO yang dimiliki laboratorium mikrobiologiadalah.
1.              Hidupkan lampu UV selama 2 jam, selanjutnya matikan segera sebelumdimulai bekerja.
2.              Pastikan kaca penutup terkunci dan pada posisi terendah.
3.              Nyalakan lampu neon dan blower.
4.              Biarkan selama 5 menit.
5.              Cuci tangan dan lengan dengan sabun gemisidal/ alkohol 70%..
6.              Usap permukaan interior BSC dengan alkohol 70% atau desinfektan yangcocok dan biarkan menguap.
7.              Masukan alat dan bahan yang akan dikerjakan, jangan terlalu penuh karenamemperbesar resiko kontaminan.
8.              Atur alat dan bahan yang telah dimasukan ke BSC sedemikian rupasehingga efektif dalam bekerja dan tercipta areal yang benar-benar steril.
9.              Jangan menggunakan pembakar bunsen dengan bahan bakar alkohol tapigunakan yang berbahan bakar gas.
10.       Kerja secara aseptis dan jangan sampai pola aliran udara terganggu olehaktivitas kerja.
11.       Setelah selesai bekerja, biarkan 2-3 menit supaya kontaminan tidak keluardari BSC.
12.       Usap permukaan interior BSC dengan alkohol 70% / desinfektan danbiarkan menguap lalu tangan dibasuh dengan desinfektan.
13.       Matikan lampu neon dan blower.

8)        Mikropipet dan Tip
a.               Fungsi alat ini yaitu untuk memindahkan atau mengambil larutan ataucairan dalam volume yang cukup kecil.
b.              Cara Operasi/ Cara Penggunaan alat ini adalah :
1.              Sebelum digunakanThumb Knobsebaiknya ditekan berkali-kali untuk memastikan lancarnya mikro pipet
2.              Masukkan Tip bersih kedalamNozzle / ujung mikropipet.
3.              Tekan Thumb Knob sampai hambatan pertama/ first stop, jangan ditekanlebih kedalam lagi.
4.              Masukkan Tip kedalam cairan sedalam 3-4 mm.
5.              Tahan pipet dalam posisi vertikal kemudian lepaskan tekanan dariThumbKnobmaka cairan akan masuk ke dalam Tip.
6.              Pindahkan ujung Tip ke tempat penampung yang diinginkan (Cawan Petriatau Kaca Objek misalnya).
7.              Tekan Thumb Knob sampai hambatan kedua/ second stopatau tekansemaksimal mungkin maka semua cairan akan keluar dari ujung Tip.
8.              Jika ingin melepas Tip putarThumb Knobsearah jarum jam dan tekanmaka Tip akan terdorong keluar dengan sendirinya, atau menggunakan alattambahan yang berfungsi mendorong Tip keluar.

9)        Cawan Petri (Petri Dish)
a.               Prinsip Kerjacawan petri selalu berpasangan, yang ukurannya agak kecil sebagaiwadah dan yang lebih besar merupakan tutupnya. Prinsip kerjanya yaitumedium dapat dituangkan ke cawan bagian bawah dan cawan bagian atassebagai penutup.
b.              FungsiFungsi dari cawan petri ini yaitu sebagai tempat pertumbuhan mikrobasecara kuantitatif dan sebagai temapt pengujian sample.

10)  Pipet Ukur
a.               Prinsip kerja pipet ukur dapat digunakan dengan bantuan filler  sebagai penyedotnya.Pada pipet ini terdapat skala yang dapat digunakan sebagai takaran atauukuran volume larutan atau cairan yang akan di ambil.
b.              Fungsi dari pipet ukur adalah untuk memindahkan atau mengambilcairan atau larutan yang volumenya dapat diketahui (melalui skala yangterdapat pada pipet ini).

11)  Pipet Tetes
a.               Prinsip kerja alat ini yaitu dengan menekan bagian karet yang beradapada pangkal pipet ini, kemudian bagian ujungnya dimasukkan kedalamcairan atau larutan yang akan diambil dan melepaskan tekanan pada karettersebut. Pipet ini hampir sama dengan pipet ukur hanya saja volume padapipet ini tidak dapat diketahui (karena tak terdapat skala pada pipet ini).
b.              Fungsidari pipet ini yaitu untuk memindahkan atau mengambil larutanatau cairan dengan volume yang tak diketahui.


12)  Tabung Reaksi
a.               Prinsip  kerjanyayaitu pada waktu memanaskan media yang adadidalam tabung reaksi, tabung reaksi harus berada dalam keadaan miringdiatas nyala api dan mulut tabung jangan sekali-kali menghadap pada diri kitaatau orang lain. Tabug reaksi yang disterilkan didalam autoklaf harus ditutupdengan kapas atau alumunium foil.
b.              Fungsinya adalah untuk uji-uji biokimiawi dan menumbuhkan mikroba.

13)  Labu Erlenmeyer
a.               Prinsip kerjanya yaitu dengan menuangkan larutan atau zat kimia secaralangsung atau menggunakan corong dengan hati-hati. Labu ini memilikibagian yang lebar di bawah dan bagian yang agak sempit (menyempit) padabagian atasnya.
b.              Fungsi untuk menampung larutan, bahan, atau cairan. Labu Erlenmeyer dapatdigunakan juga untuk meracik dan menghomogenkan bahan-bahan, komposisimedia, menampung aquadest, kultivasi mikroba dalam kultur cair, dan lain-lain.

14)  Gelas Ukur
a.               Prinsip kerjanya yaitu dengan menuangkan larutan atau cairan zat kimiasecara langsung dengan berhati-hati.
b.              Fungsi dari Gelas Ukur adalah untuk mengukur volume suatu cairan,seperti labu erlenmeyer, memiliki beberapa pilihan berdasarkan skalavolumenya. Pada saat mengukur volume larutan, sebaiknya volume tersebutditentukan berdasarkan menuskus cekung larutan.

15)  Batang L
a.               Prinsip Kerjanya yaitu dengan menggunakan bagian yang berbentuk L untuk menyebarkan permukaan cairan.
b.              Fungsiuntuk menyebarkan cairan dipermukaan agar supaya bakteri yangtersuspensi dalam cairan tersebut tersebar merata.

16)  Mortar dan Pestle
a.               Prinsipnya adalah menggerus atau menumbuk bahan yang akan digunakan yang berbentuk padatan agar menjadi halus dan berbentuk serbuk.Alat ini terdiri dari Lumpang dan Alu (kalo dalam keseharian, prinsipnyasama dengan ulekan).
b.              Fungsi alat ini adalah untuk menumbuk atau menghancurkan bahanyang akan digunakan agar  halus.

17)  Beaker Glass
a.               Prinsip kerjanya yaitu dengan menuangkan larutan atau cairan kedalamBeaker glass ini.
b.              Fungsi dari Beaker glass ini banyak. Didalam mikrobiologi alat inidapat digunakan untuk preparasi media, menampung aquadest dan lain-lain.

18)  Pembakar Bunsen/ Pembakar Spirtus
a.               Prinsip kerjanya yaitu dengan menyalakannya dengan membakarbagian sumbu (pada pembakar spirtus) dengan korek api atau dengan memberiapi pada bagian atas (dari pembakar bunsen yang berbahan bakar gas). Bunsenini ada yang berbahan bakar gas atau methanol.
b.              Fungsi untuk menciptakan kondisi yang steril. Api yang menyala dapatmembuat aliran udara karena oksigen dikonsumsi dari bawah dan diharapkankontaminan ikut terbakar dalam pola aliran udara tersebut. Juga alat ini dapatdigunakan untuk mensterilkan jarum ose atau yang lainnya.

19)  Tabung Durham
a.               Prinsip kerjanya yaitu tabung durham dicuci, kemudian diisi denganmedium yang terdapat pada tabung reaksi dengan mikropipet, atau dapat jugadi tancapkan (secara terbalik) ke medium yang mengandung mikroba
b.              Fungsinya adalah untuk menampung atau menjebak gas yang terbentuk akibat dari metabolisme pada bakteri yang diujikan.

20)  Jarum Inokulum (ose)
a.               Prinsip kerjanya ialah sebelum alat ini digunakan, terlebih dahuludisterilkan dengan membakar ujungnya pada pembakar bunsen sampaiberpijar, kemudian biarkan ujung jarum ini dingin sebelum digunakan untuk mencegah matinya bakteri atau mikroba yang akan dipindahkan atau ditanam.Jarum ini memiliki 2 jenis ujung, ada yang lurus dan ada juga yang ujungnyaberbentuk lingkaran.
b.              FungsiUntuk menginokulasi kultur mikroba khususnya mikroba aerob dengan metode streak,juga digunakan untuk mengambil mikroorganisme untuk diinokulasi/ ditanam pada media.

21)  Pinset
a.               Prinsip KerjaPrinsip kerjanya adalah menjepit benda yang akan diambil atau dipindahkan.
b.              FungsiUntuk mengambil benda dengan menjepit, misalnya saat memindahkancakram antibiotik.

22)  pH indikator universal
a.               Prinsip kerjanya yaitu dengan menempelkan kertas pH indikator ini kebenda yang akan di uji pH-nya, ada tingkatan warna tertentu yang menyatakannilai atau tingkatan pH-nya.
b.              FungsiUntuk mengukur tingkatan pH pada suatu larutan atau benda yangsedang diujikan.

23)  Pipet Filler / Rubber Bulb
a.               Prinsip kerjanya adalah dengan menempelkan atau memasang alat inipada pangkal pipet ukur, untuk mengambil larutan tekan bagian bundar padaalat ini. Pada alat ini terdapat 3 saluran yang masing-masing saluran memilikikatup. Katup yang bersimbol A (aspirate) berguna untuk mengeluarkan udaradari gelembung. Bersimbol S (suction) merupakan katup yang juka ditekanmaka cairan dari ujung pipet akan tersedot ke atas. Kemudian bersimbol E(exhaust ) berfungsi untuk mengeluarkan cairan dari dalam pipet ukur.
b.              Fungsi dari alat ini adalah untuk menyedot larutan pada pipet ukur(seebagai alat sedot pada pipet ukur).







BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

5.1    Kesimpulan
1.      Berdasarkan      praktikum yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwapada  setiap alat yang digunakan dalam praktikum ini memiliki nama dan fungsinya masing-masing, sehingga diperlukan pengenalan terhadap alat-alat yang akan digunakan.
2.       Untuk memudahkan dalam memahami alat-alatlaboratorium dapat kita gunakan waktu yang relative lama dan dalam keadaan baik. Alat-alat ini perlu dipelihara dengan baik dan selalu mensterilkannya ketika akan menggunakannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
3.      Penguasaan dan pemahaman dalam penggunaan alat-alat akan sangatmembantu dan menghindari kegagalan dalam praktikum mikrobiologi ini.

5.2. Saran
1.      Praktikan diharuskan mengetahuai fungsi dan cara kerja masing-masing alat yang ada pada laboratorium agar terhidar dari segala bentuk kegagalan dalam melaksanakan praktikum, dan praktikum dapat berjalan dengan sempurna.














DAFTAR PUSTAKA

Anonym. 2012. Pengenalan Alat Mikrobiologi. Jakarta: Erlangga

Imamkhasani. 1998. Penuntun Dasar Dasar Kimia. Jakarata: Lepdikbud

Sudarmadji. 2000. Penuntun Dasar Dasar Kimia. Jakarta: Lepdikbud

Purnomo, B. 2011. Penuntun Praktikum Mikrobiologi. Fakultas Pertanian UNIB. Bengkulu   

Walton. 2005. Kamus Istilah Kimia Analitik Indonesia. Bandung: Ganeca


















9 komentar:

  1. Mantap postingannya, salam sukses

    BalasHapus
  2. terima kasih kak, saya jadi memiliki tuntunan untuk membuat laporan praktikum pengenalan alat mikrobiologi

    BalasHapus
  3. sangat membantu. sukses selalu kak

    BalasHapus
  4. hai kakak, ini laporan bagus, lengkap pula

    BalasHapus